Minggu, 18 Juni 2017

Daftar Wisata Religi dan Destinasi Ziarah Wilayah Ngawi

Makam di Benteng Van Den Bosch, Ngawi

Daftar Wisata Religi dan Destinasi  Ziarah Wilayah Ngawi


RM Tumenggung Poerwodiprodjo, belakang Masjid Agung Jl Imam Bonjol Ngawi

Patih Pringgo Koesoemo, Desa Ngawi Purba

Raden Adipati Kertonegoro (Bupati Gendingan I yang merupakan cikal bakal Kab. Ngawi) Sarean Dusun Blimbing, Sine Kecamatan Sine.

Patih Ronggolono (Bupati Gendingan) dan Putri Cempa di TPU Jabal Kadas Desa Hargomulyo Ngrambe

Makam Joko Buduk dan Putri Kemuning di Dk. Gamping, Gunung Liliran Kec. Sine merupakan objek wisata ziarah yang terkenal bagi masyarakat Jawa. Pada bulan Muharam (Syura) para peziarah berdatangan ke puncak bukit pada siang dan malam hari.

Wali Limo : Syekh Maulana Muhammad Al-Misri, Syekh Maulana Sahid Al-Mukti, Syekh Maulana Sahid Al-Bakir, Syekh Maulana Al-Ngalawi, Syekh Maulana Ahmad Muhammad di Dusun Kedungrejo I, Desa Guyung, Gerih, Kabupaten Ngawi. Konon kelima wali tersebut adalah pasukan dari Mesir yang didatangkan oleh Sunan Kalijaga untuk menghalang Pangeran Udara yang waktu itu ingin membuat keonaran di Kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh Prabu Brawijaya.

K. Muhammad Nursalim, Benteng “Pendem” van Den Bosch, Ngawi. Beliau salah satu pengikut pangeran Diponegoro yang ditangkap oleh Belanda dan dibawa ke Benteng. Kebal tembak, oleh karena itu maka beliau dikubur hidup–hidup di dalam Benteng.

Pertapaan Kraton Wirotho, Ds Tanjungsari Jogorogo, konon pernah singgah Ratu Wirotho Prabu Makswopati, Seto, Utoro, Wratsongko, dan Dewi Durgandini.

Alas Ketonggo terdapat banyak tempat pertapaan : Mulai dari Palenggahan-Agung-Srigati, Pertapaan Dewi Tunjung Sekar, Sendang Drajat, Sendang Mintowiji, Goa Sidodadi Bagus, Pundhen Watu Dakon, Pundhen Tugu Mas, Umbul Jambe, Punden Siti Hinggil, Kali Tempur Sedalem, Sendang Panguripan, Kori Gapit, dan Pesanggrahan Soekarno Desa Babadan, Kec. Paron, Kabupaten Ngawi.

Ki Ageng Tawun Ds. Tawun, Padas Ngawi, yang oleh masyarakat setempat disebut Sendang Tawun.

Pertapaan Jaka Tarub, di Desa Widodaren Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi , konon pengembaraan Jaka Tarub meninggalkan misteri di tempat tersebut. Bangunan seperti gubuk yang didirikan di petilasan dianggap sebagai simbol persinggahan Jaka Tarub, juga keberadaan sendang diyakini sebagai tempat mandi sembilan bidadari.


NB : mohon maaf apabila terdapat kesalahan lokasi dan nama. Masukan dan Revisi sangat kami harapkan.

Sumber : dirangkum dari beberapa sumber
https://mistikus-sufi.blogspot.co.id
https://ngawikabmuseumjatim.wordpress.com
http://wiyonggoputih.blogspot.co.id