Sabtu, 01 September 2012

LOGGO PGRI








I.           Bentuk
Cakra / lingkaran, melambangkan : cita-cita luhur dan daya upaya menunaikan pengabdian yang terus-menerus.

II.       Lukisan, Corak dan Warna
1.       Bidang bagian pinggir lingkaran berwarna merah, melambangkan : pengabdian yang dilandasi  kemurnian dan keberanian bagi kepentingan rakyat.
2.   Warna putih dengan tulisan “Persatuan Guru Republik  Indonesia (PGRI)”, melambangkan: pengabdian yang dilandasi kesucian dan cinta kasih.
3.    Paduan warna pinggir merah putih,melambangkan : pengabdian terhadap Negara, Bangsa dan Tanah Air Indonesia.
4.    Suluh berdiri tegak bercorak 4 garis tegak dan datar berwarna kuning dengan nyala 5 sinar api  warna merah, melambangkan :
4.1.   Suluh dengan garis 4 garis tegak dan datar kuning berarti fungsi guru (Prasekolah, SD, SL, dan Perguruan Tinggi) dengan hakikat tugas pengabdian sebagai pendidik yang besar dan luhur.
4.2.    Nyala api dengan warna merah :
          Arti ideologis         : Pancasila
          Arti Teknis            : Sasaran budi, cipta, rasa, karsa, dan  karya generasi
5.   Empat buku mengapit suluh dengan posisi 2 datar dan 2 tegak (simetris) dengan warna corak putih, melambangkan : sumber ilmu yang menyangkut nilai-nilai moral, pengetahuan, ketrampilan, dan akhlak bagi tingkatan lembaga-lembaga pendidikan, prasekolah, dasar, menengah, dan tinggi.
6.    Warna dasar tengah hijau, melambangkan: kemakmuran generasi.

III.    Arti Keseluruhan
Guru Indonesia dengan Iktikad dan kesadaran pengabdian yang suci dengan segala keberanian keluhuran jiwa dan cinta kasih senantiasa menunaikan darma baktinya terhadap Negara, Tanah Air, dan Bangsa Indonesia dalam mendidik budi, cipta, rasa, karsa, dan karya generasi bangsa menjadi Manusia Pancasila yang memiliki moral, pengetahuan, ketrampilan dan akhlak yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar